Arti Penting Sumpah Pemuda Bagi Perjuangan Bangsa Indonesia

Sumpah Pemuda ialah salah satu tonggak sejarah yg penting untuk bangsa Indonesia. Seperti yg kita telah ketahui, ada tiga pesan penting Sumpah Pemuda, yaitu bertanah air satu, berbangsa satu, & berbahasa satu. Tiga hal ini adalah faktor penting bagi negara kita.

       Sumpah Pemuda adalah bukti otentik bahwasanya pada tanggal 28 oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini adalah buah dari perjuangan rakyat yg selama ratusan tahun tertindas dan tersiksa dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yg kemudia mendorong para pemuda pada kala itu untuk membulatkan tekad demi Mengangkat Harkat & Martabat Hidup Orang Indonesia Asli, tekad inilah yg jadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada tgl 17 Agustus 1945.

Arti Penting Sumpah Pemuda Bagi Perjuangan Bangsa Indonesia


Arti Penting Sumpah Pemuda Bagi Perjuangan Bangsa Indonesia

       Sesuai dengan namanya, Sumpah Pemuda dirumuskan oleh para pemuda. Mereka kemudian menjadikannya sebagai dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme. Para pemuda tak lagi berjuang sendiri, melainkan bersama sama.

       Perlu kita ketahui, Sumpah Pemuda tak lahir begitu saja. Banyak hal yg melandasi para pemuda indonesia bertekad untuk bersatu. Mereka berpikir tak bakal bisa membuat Indonesia merdeka apabila berjuang di kelompok sendiri.

       Kegagalan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia membuat mereka sadar bahwa rasa nasionalisme harus dipadukan. Karena itu, diadakanlah Kongres Pemuda I & II. Mereka jadi satu, jadi “Pemuda Indonesia”.
Bertolak Belakang

       Semangat persatuan para pemuda dulu harus diikuti pemuda masa kini. Yaitu, mengisi kemerdekaan dengan hal positif yg berguna bagi nusa & bangsa.

Terima kasih telah membaca artikel mengenai Arti Penting Sumpah Pemuda Bagi Perjuangan Bangsa Indonesia. Semoga bermanfaat.

0 Response to Arti Penting Sumpah Pemuda Bagi Perjuangan Bangsa Indonesia

Post a Comment