Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri

Cara membersihkan karang gigi sendiri di rumah tanpa harus ke dokter gigiakan dipilih oleh lumayan banyak orang yg takut dengan penanganan oleh dokter gigi. Cara alami dengan memakai  bahan-bahan herbal / perbaikan kebiasaan alami yg biasa kita lakukan di rumah bakal jauh lebih dirasa aman & efektif untuk membersihkan karang gigi yg muncul lantaran kita tak sering membersihkan gigi kita dengan baik.

Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri Secara Alami

Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri

Menggosok Gigi Teratur

Makanan yg kalian memakan  bakal memberikan plak & terkumpul membentuk karang gigi apabila tak kalian bersihkan dengan baik. Biasakan diri kalian menggosok 2-3 kali sehari. Anda dapat menggosok gigi di saat pagi, sore, & malam hari menjelang bakal tidur. Kebiasaan sikat gigi malam hari bakal lebih baik apabila dilakukan, terutama apabila kalian mengkonsumsi makanan manis / berserat kasar untuk memakan  malam anda. Namun janganlah pula terlalu sering menggosok gigi lantaran bakal merusak lapisan email gigi anda, sehingga gigi kalian nantinya justru bakal lebih cepat berlubang. Lakukan cara sikat gigi dengan benar dengan arah memutar dari atas ke bawah (rahang atas) & bawah ke atas (rahang bawah).

Mengunyah Kinang & Berkumur

Anda pasti pernah dengar kebiasaan para orangtua jaman dahulu yg suka mengunyah kinang untuk menyehatkan & menguatkan giginya. Jika kalian kuat dengan rasa pahit, tak ada salahnya kalian mencoba untuk mengunyah selembar daun kinang selama 5 menit. Anda dapat menghindari terbentuknya / membersihkan karang gigi dengan mengunyah kinang ini lumayan 2 kali sehari. Setelah kalian mengunyahnya, kalian dapat langsung berkumur dengan air bersih. Semakin sering kalian mengunyah kinang, karang gigi yg terbentuk bakal terkikis pelan-pelan hingg tak bersisa di gusi anda.

Menumbuk Biji Cengkih

Bagi kalian yg ingin menghilangkan karang gigi dengan bahan alami, kalian dapat memilih biji cengkih untuk salah satu cara membersihkan karang gigi sendiri rumah tanpa harus ke dokter gigi yg efektif. Anda dapat menumbuk 30-50 gr biji cengkih hingga halus, kemudian menggosokkannya ke bagian yg terdapat karang gigi. Anda dapat menggosok dengan bantuan kapas / sikat gigi yg mempunyai bulu lembut. Gosokkan biji cengkih & diamkan 1 menit, sebelum kemudian kalian berkumur dengan air bersih. Selain karang gigi kalian hilang, kalian bakal lebih merasa percaya diri dengan bau mulut yg jadi lebih segar.

Gosok Gigi Dengan Biji Asam Kawak

Bagi kalian yg tak mau memakai  cengkih, kalian dapat memakai  biji asam kawak. Selumayan banyak 30-50ml biji asam kawak ditumbuk hingga halus. Biji asam kawak yg halus bakal berbentuk seperti serbuk gel. Oleskan pada sikat gigi / kapas, kemudian gosokkan pada bagian yg mengalami karang gigi dengan gerakan memutar. Gosokkan obat sekitar 3 menit & dilakukan paling sedikit 2 kali sehari. Jika teratur memakai  biji asam kawak, karang gigi bakal dapat dikikis dalam waktu singkat.

Membuat Odol Alami

Anda dapat membuat odol khusus yg dapat mengurangi & menyembuhkan karang gigi yg kalian alami. Odol ini terbuat dari bahan-bahan alami yg tak membahayakan gigi kalian apabila kalian berniat menggunakannya dalam jangka panjang. Anda dapat mencampur 30ml minyak kelapa, 2-3 sendok teh baking soda, 2 bungkus kecil bubuk stevia, & 20 tetes minyak pepermint / kayu manis . Anda dapat mencampur semuanya bahan hingga jadi gel. Diamkan sehari penuh di dalam kulkas dengan suhu diantara 15-18C, sampai gel odol jadi lebih kental & keras baru kemudian digunakan. Odol ini dapat kalian gunakan untuk gosok gigi 2-3 kali sehari, terutama di malam hari setelah kalian memakan  makanan yg mengandung gula.

Berkumur Baking Soda & Garam

Anda dapat memakai  campuran 3 sendok baking soda & 2 sendok garam yg dilarutkan dalam 200ml air, untuk menghilangkan karang pada gigi. Baking soda & garam berperan untuk disinfektan & pengikis tumpukan plak pada karang gigi lantaran ketidakbersihan seseorang ketika menyikat giginya. Anda dapat memakai  campuran itu untuk berkumur tiga kali sehari. Namun ketika karang gigi yg kalian alami sudah hilang sepenuhnya, kalian tak perlu memakai  larutan ini lagi. Karena campuran ini dapat mengikis email gigi apabila kalian memakai  secara berlebihan.

Menggosok Dengan Kulit Jeruk

Sebagai salah satu cara membersihkan karang gigi sendiri tanpa harus ke dokter gigi,anda dapat memakai  kulit jeruk. Kulit jeruk yg kalian gunakan dapat dari jeruk bali / jeruk santang. Kulit jeruk mengandung vitamin C yg mampu menghindarkan gusi dari timbulnya karang gigi. Kulit jeruk dan juga dapat membersihkan karang gigi dengan cara menggosokkan kulit jeruk bagian dala ke area gigi yg menderita karang gigi. Anda dapat melakukan cara ini setelah gosok gigi di malam hari sebelum tidur. Kemudian kalian berkumur di keesokan paginya sebelum kalian membersihkan sisa serat kulit jeruk yg mungkin saja tertinggal dengn menggosok gigi.

Mengunyah Biji Wijen

Anda dapat memakai  biji wijen untuk pengganti pasta gigi kalian untuk membersihkan plak / karang gigi yg terbentuk lantaran tak menggosok gigi dengan benar. Anda dapat mengambil segenggam biji wijen & kemudian mengunyahnya hingga hancur di dalam mulut anda. Jangan menelan biji wijen yg hancur namun langsung kalian sikat dengan sikat gigi anda. Anda dapat melakukan cara ini 2-3 kali sehari. Namun waktu terbaik ialah bersamaan saat gosok gigi malam sebelum tidur.

Pembersihan Dengan Tomat

Buah yg satu ini dapat kalian gunakan dan juga untuk salah satu cara membersihkan karang gigi sendiri dan tanpa harus ke dokter gigi.Anda dapat memotong tomat jadi bagian sedang / hanya mengambil bagian kulit buah tomat kemudian menggosoknya ke bagian gigi yg mengalami karang gigi. Anda dapat menggosok dengan gerakan searah jarum jam & mendiamkan air sari tomat yg keluar di area gigi selama 3 menit, sebelum kemudian berkumur. Anda dapat berkumur memakai  air garam untuk memaksimalkan hasil yg didapatkan dalam mengikis karang gigi.

Kulit Buah Apel

Bagi kalian yg suka mengkonsumsi buah apel, khususnya apel yg mempunyai kadar keasaman tertentu seperti apel malang,dan juga dapat dipakai/digunakan untuk membantu menghilangkan karang gigi. Anda dapat mengunyah buah apel langsung bersama kulitnya. Namun apabila kalian merasa kesusahas harus mengunyah langsung bersama buahnya, sisakan beberapa banyak potongan kulit apel untuk kalian kunyah setelah kalian mememakan  buah apel.

Pastikan apel telah dicuci bersih sebelum dikonsumsi. Kunyahlah kulit apel dengan posisi kulit luar menghadap ke area gusi yg mengalami karang gigi. Kunyah selama 5 menit sebelum membuang kulit apel tersebut. Kandungan vitamin C & tanin dalam kulit apel bakal mampu mengikis karang gigi yg melanda gigi anda. Anda dapat melakukan cara ini dua kali sehari & janganlah lupa berkumur setelah mengunyah kulit apel. Semoga cara-cara diatas dapat bermanfaat untuk cara membersihkan karang gigi sendiri di rumah tanpa harus ke dokter gigi.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dalam artikel ini, rawatlah kesehatan gigi anda sebaik mungkin untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, sekian artikel kali ini dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri

Post a Comment