Ya'la bin Marrah, Sahabat Nabi yg Bisa Mendengar Siksa Kubur

Setelah meninggal dunia, maka kita hanya bakal sendiri di alam kubur. Tidak ada yg bisa menemani kita. Semua keluarga, teman, & kerabat bakal meninggalkan kita, terlebih dgn harta benda. Alam kubur adalah alam yg harus kita lalui sebelum menuju kehidupan akhirat. Di dalamnya tlah ada dua malaikat, Munkar & Nakir yg bakal memberikan adzab di alam kubur bagi pendosa. Alam kubur ialah alam yg dihuni oleh para manusia yg tlah mati. Di dalamnya, bakal ada malaikat Munkar & Nakir yg memberikan beberapa pertanyaan mengenai keimanan kita. Apabila di dunia kita melakukan lumayan banyak dosa maka mereka bakal memberikan siksa kubur yg begitu pedih. Siksaan di alam kubur bisa didengar oleh para binatang. Sedangkan, manusia & jin tak bisa mengetahuinya. Berbeda halnya dgn sahabat Rasul yg mempunyai kelebihan istimewa ini. Ia bernama Ya'la bin Marrah.

Sahabat Nabi yg Bisa Mendengar Siksa Kubur


Dia mempunyai kelebihan dalam mendengar jeritan & siksaan yg begitu pedih di alam kubur. Padahal, saat ada binatang di samping kubur yg mendapatkan siksa maka binatang itu pun lompat-lompat ketakutan lantaran betapa mengerikannya siksaan malaikat di alam kubur, meski siksa dari Allah lebih mengerikan. Hanya orang-orang tertentu yg bakal diberikan anugerah luar biasa dari Allah. Salah satunya ialah sahabat Rasul yg taat & saleh ini. Ia mempunyai sikap yg baik & iman yg kuat. Ya'la adalah sahabat Rasul yg taat beribadah pada Allah. Ia amat istiqomah dalam melakukan kebaikan & amalan sehari-hari. Seperti para sahabat Rasul yg lain, ia dan juga zuhud terhadap dunia. Kenikmatan dunia tak lantas membuat/membuatnya lupa pada Allah, bahkan ia semakin bersyukur atas kenikmatan itu.

Suatu hari, Ya'la sedang berjalan bersama dgn Rasulullah SAW. Saat itu, mereka melewati sebuah pemakaman. Di sanalah, Ya'la mendengar berbagai jeritan yg menyakitkan. Meskipun ketika itu, ia belom menanyakan apa yg didengarnya pada Rasul, tapi lantaran penasaran yg besar membuat/membuatnya harus bertanya hal itu pada Rasul SAW. Ya'la mengatakan bahwa, ia mendengar jeritan kesakitan dari alam kubur. Rasul memastikannya apakah benar Ya'la mendengarnya dari alam kubur. Rasulullah menanyakan hal itu lantaran tak semuanyanya orang mempunyai kelebihan itu, termasuk juga sahabat Rasul yg lain.

Kemudian Rasul mengatakan bahwa sesungguhnya mereka mendapatkan siksa kubur lantaran hal yg sepele. Penasaran Ya'la semakin tinggi & ia bertanya hal sepele apakah yg membuat/membuat jenazah itu mendapatkan siksa. Ternyata hal itu ialah adu domba & kencing.

Berdasarkan penjelasan kisah nyata siksa kubur di atas, kita tahu bahwa setiap manusia bakal masuk ke alam kubur. Segala hal bisa terjadi di alam kubur, baik siksa /pun nikmat. Bagi mereka yg melakukan lumayan banyak dosa di dunia maka siksaan bakal menantinya di alam kubur.

Oleh lantaran itu, selama kita masih diberikan usia maka kita harus memanfaatkan waktu itu untuk melakukan ibadah & amalan pada Allah SWT. Ingatlah bahwa siksa kubur & akhirat amatlah pedih sehingga kita bisa berhenti saat hendak melakukan perbuatan dosa.

Demikian artikel mengenai Ya'la bin Marrah, Sahabat Nabi yg Bisa Mendengar Siksa Kubur semoga dapat menambah wawasan kita dan semoga bermanfaat.

0 Response to Ya'la bin Marrah, Sahabat Nabi yg Bisa Mendengar Siksa Kubur

Post a Comment