Misteri MENGEJUTKAN Pohon Beringin Kembar di Alun-Alun Jogja

Siapa yg belom pernah mendengar kisah romantis & mistis dibalik 2 pohon beringin yg jadi icon alun-alun Jogja? Jika Anda orang asli Jogja pasti sudah amat hafal dgn cerita ini. Tetapi ternyata tak semuanyanya mengetahui apa sajakah mitos yg mengiringi tumbuhnya pohon ini. 2 pohon beringin yg dikatakan berpasangan ini lumayan banyak dihubung-hubungkan dgn Sultan hamengku Buwono VI & dan juga nyi roro kidul. Waah.. seram dan juga ya, baiklah untuk menambah kisah misteri kita pada kali ini aku bakal menceritakan kisah mistis dibalik 2 pohon beringin ini ?

Berikut ini foto-foto Pohon Beringin Kembar di Alun-Alun Jogja ( YOGYAKARTA )

Pohon Beringin Kembar di Alun-Alun Jogja Yogyakarta

Pohon Beringin Kembar di Alun-Alun Jogja Yogyakarta

Pohon Beringin Kembar di Alun-Alun Jogja Yogyakarta

Pohon Beringin Kembar di Alun-Alun Jogja Yogyakarta

Pohon Beringin Kembar di Alun-Alun Jogja Yogyakarta

Tradisi Masangin
Bila membicarakan mengenai 2 pohon beringin kembar itu kita pasti langsung mengingat sebuah tradisi yg hingga untuk saat ini selalu dilakukan oleh para wisatawan yg baru pertama kali ke Jogja maupun yg sudah sering ke Jogja. Ya, tradisi itu di sebut tradisi masangin. Artinya ialah memasuki iantara 2 pohon beringin. Dimana kepercayaan masyarakat sekitar ialah barang siapa yg bisa melewati kedua pohon beringin itu dgn mata tertutup tanpa melenceng bakal terpenuhi segala permintaannya. Sayangnya lumayan banyak yg sudah mencoba berkali-kali namun tetap saja gagal mencoba tradisi itu hingga bisa menyebrang dgn sempurna. Padahal secara logika, jarak diantara 2 pohon beringin itu lumayan lebar untuk di lewati. Apakah mungkin saja ada Misteri pohon beringin kembar di alun-alun yogyakarta yg belom kita ketahui?

Awal Mula Tradisi Masangin
Tradisi masangin yg sudah dilakukan sejak lama tak tumbuh tanpa sebab musabab. Menurut legenda lama dari Jogja, tradisi itu iawali oleh permintaan putri Sultan Hamengku Buwono VI yg bakal dinikahkan namun tak begitu menyukai calon yg sudah dipilihkan oleh sang ayah. Maka dari itu sang putri memberi syarat apabila lelaki itu bisa melewati ke dua pohon beringin dgn mata tertutup maka ia bersedia menikah. Ternyata syarat yg diberlakukan sang putri tak bisa dilakukan oleh lelaki itu. Hingga akhirnya sultan memberikan maklumat bahwa siapa saja lelaki yg bisa melewati 2 pohon beringin itu berarti mempunyai hati yg benar-benar tulus & bakal dinikahkan dgn sang putri. Entah sudah berapa lumayan banyak lelaki yg mencoba hingga pada akhirnya ada satu lelaki yg bisa menaklukan tantangan itu yakni putra pangeran dari prabu siliwangi.

Sebagai Penangkal Kerajaan
Tak hanya itu saja, sebagian besar masyarakat dan juga percaya apabila 2 pohon beringin itu adalah gerbang ghaib yg menghubungkan keraton Jogja dgn pantai selatan yakni istana ratu nyi roro kidul. Konon katanya hal begitulah yg menyebabkan lumayan banyak tentara penyerang keraton Jogja yg kehilangan kekuatannya setelah melewati 2 pohon beringin itu. Sehingga kerajaan tetap aman hingga sekarang. Bahkan mereka dan juga menganggap bahwa pohon beringin itu adalah jimat khusus bagi kerajaan & raja. Karena itu, siapa saja yg ingin mencelakai raja & kerajaan bakal gagal lantaran kekuatan bakal hilang begitu melewati 2 pohon beringin itu.

Pohon Beringin Sebagai Pertanda
Tak hanya sebagai penangkal bagi keamanan raja & kerajaan. Pohon beringin yg berdiri kokoh ini dan juga dipercaya masyarakat sebagai pertanda bakal adanya kejadian yg tak menyenangkan. Tak main-main, kejadian tak menyenangkan itu tidak hanya terjadi di Jogja bahkan berskala nasional. Misalnya saja ketika beberapa puluh tahun yg lalu terjadi kebakaran di salah satu pohon beringin, selang 4 tahun kemudian Indonesia mengalami serangan mendadak G30SPKI. Dan dan juga pernah terjadi kejadian mengejutkan saat meninggalnya Sultan Hamengku Buwono IX dimana tiba-tiba salah satu pohon beringin roboh tanpa sebab. Hal ini tentunya jadi kehawatiran tersendiri bagi masyarakat Jogja.

Pertanda yg diperlihatkan oleh pohon beringin itu tak berhenti di situ, sekitar pertengahan tahun 2014 kemarin salah satu pohon beringin mengalami kebakaran yg membuat/membuat warga sekitar geger. Memang ada sebagian yg merasa ada pertanda buruk yg bakal terjadi. Tetapi apabila ditarik kesimpulan secara logika pertanda buruknya ialah semakin berkurangnya kepedulian manusia terhadap lingkungan. Karena kebakaran yg terjadi kemungkinan besar disebabkan oleh orang yg teledor membuang puntung rokok sembarangan. Maka dari itu amat memprihatinkan apabila manusia sudah tak lagi mempunyai rasa ingin menjaga keindahan & kenyamanan lingkungan.

Terlepas dari semuanyanya mitos & kepercayaan masyarakat, ada lumayan banyak hal yg bisa kita ambil hikmah dari tradisi masangin & keberadaan pohon beringin itu. Seperti misalnya kepercayaan siapa yg mampu melewati 2 pohon beringin itu artinya orang yg berhati suci, mungkin saja bisa di artikan siapa saja yg ingin melewati 2 pohon beringin itu dgn niat yg serius, fokus & tak memikirkan hal-hal yg aneh bakal mampu melewatinya. Sedangkan siapa yg hanya asal-asalan & tak fokus otomatis bakal gagal melewatinya. Maka dari itu, tak perlu terpengaruh dgn apa yg terjadi dgn 2 pohon itu. Kita harus tetap bisa berfikir positif bakal misteri pohon beringin kembar di alun-alun yogyakarta.

Itulah artikel mengenai Misteri MENGEJUTKAN Pohon Beringin Kembar di Alun-Alun Jogja semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

0 Response to Misteri MENGEJUTKAN Pohon Beringin Kembar di Alun-Alun Jogja

Post a Comment