Sejarah Patih Gajah Mada

Sejarah Patih Gajah Mada - Lontar Babad Gajah Maddha, menguraikan perihal asal usul Mahapatih Gajah Mada, seorang Patih Amangkubhumi dari kerajaan Majapahit yg terkenal dgn Sumpah Palapa nya dalam usahanya mempersatukan seluruh wilayah Nusantara di bawah payung kerajaan Majapahit.

Sejarah Patih Gajah Mada
Patih Gajah Mada

Ringkasan isi lontar itu ialah sebagai berikut  :

1. Pada Lontar Babad Gajah Maddha dikatakan bahwa orang tua Gajah Mada berasal dari Wilwatikta yg disebut dan juga Majalangu.
Disebelah selatan “Lemah Surat” terletak “Giri Madri” yg dikatakan berada dekat dgn Wilwatikta dikatakan hampir setiap hari Patni Nariratih pulang pergi dari Wilwatikta, mengantar memakanan suaminya di asramanya di Giri Madri yg terletak disebelah selatan Wilwatikta. Hal ini berarti Giri Madri terletak disebelah selatan Lemah Surat & dan juga disebelah Selatan Wilwatikta. Jarak diantara Giri Madri dgn Wilwatikta dikatakan dekat. Tetapi jarak diantara Lemah Surat dgn Wilwatikta begitu pula arah dimana letak Lemah Surat dari Wilwatikta tak disebutkan dalam Babad Gajah Mada itu.

2. Babad Gajah Maddha menyebutkan mengenai kelahiran Gajah Mada, ada kalimat yg berbunyi “On Cri Caka warsa jiwa mrtta yogi swaha” kalimat ini ialah candrasangkala yg bermaksud kemungkinan sebagai berikut:
On Cri Cakawarsa = Selamatlah Tahun Saka
Jiwa = 1 (satu)
mrtta = 2 (Dua)
Yogi = 2 (Dua)
Swaha = 1 (satu)
jadi artinya : Selamat Tahun Saka 1221 / tahun (1299 Masehi).
Seandainya hal itu benar,  maka Mahapatih Gajah Mada dilahirkan pada tahun 1299 Masehi.

3. Mengenai nama Maddha disebutkan sebagai berikut:
Karena malu terhadap gurunya yakni : Mpu Ragarunting, begitu dan juga terhadap orang lumayan banyak, maka setelah kandungan Patni Nariratih membesar, lalu iajak ia oleh suaminya meninggalkan asrama pergi mengembara kedalam hutan & gunung yg sunyi. Akhirnya pada suatu malam hari, waktu bayi hendak lahir,mereka berdua menuju kesebuah desa yg bernama Maddha terletak di dekat kaki gunung Semeru.

Di desa begitulah sang Bayi dilahirkan disebuah “Bale-Agung” yg ada di Kahyangan (pura/temple) desa itu. Bayi itu kemudian dipungut oleh seorang penguasa desa Maddha, kemudian dibawa ke Wilwatikta oleh seorang patih & kemudian diberi nama Maddha. Jadi apabila demikian halnya nama Maddha berasal dari nama desa Maddha yg terletak di kaki gunung Semeru. Hingga untuk saat ini terdapat beberapa desa di kaki Gunung Semeru  yg mengindikasikan desa Maddha itu, adalah Tamansatriyan, Wirotaman & Kepatihan.

Nama Gajah oleh Babad Gajah Maddha sama sekali tak disebutkan.kemungkinan besar nama gajah ialah nama julukan / bisa dan juga nama jabatan (Abhiseka) bagi sebutan untuk orang kuat. Dengan demikian Gajah Mada berarti orang kuat yg berasal dari desa Maddha.

4. Mengenai nama orang tua Gajah Mada, ayahnya bernama Curadharmawyasa & ibunya bernama Nariratih. Setelah mereka berdua disucikan ( jadi pendeta) oleh Mpu Ragarunting di Lemah Surat, nama mereka berubah jadi Curadharmayogi & Patni Nariratih, mereka berdua kemudian jadi brahmana.

Gajah Mada meninggal pada tahun Saka 1286 (1364 M) sebagaimana yg dituliskan dalam kakawin Negarakertagama pupuh LXXI/1 yg berbunyi : " .... tahun rasa (1286) beliau mangkat, baginda gundah terharu, bahkan putus asa, Sang dibyacita Gajah Mada cinta pada sesama tanpa pandang bulu, insaf bahwa hidup ini tak baka, lantarannya beramal tiap hari".
Selanjutnya, apabila lontar Babad Gajah Maddha itu di atas benar, maka Gajah Mada meninggal dalam usia 65 tahun.

Adapun didalam Babad Gajah Maddha kemudian menyebutkan bahwa Patni Nariratih bersenggama dgn Dewa Brahma yg berganti rupa seperti suaminya sehingga Gajah Mada seolah-olah dilahirkan atas hasil senggama diantara Patni Nariratih dgn Dewa Brahma, bakal diulas pada artikel berikutnya.

Nah, itulah artikel mengenai Sejarah Patih Gajah Mada semoga bermanfaat bagi kita semua, teima kasih telah membaca artikel ini.

Penelusuran yang terkait :

kesaktian gajah mada
senjata patih gajah mada
gajah mada sumpah palapa
ilmu patih gajah mada
istri patih gajah mada
pusaka patih gajah mada.

0 Response to Sejarah Patih Gajah Mada

Post a Comment