Budidaya Kutu Air Dengan Kol yg Efektif

Budidaya Kutu Air Dengan Kol yg Efektif - Taukah kalian bahwa Kutu air adalah pakan alami bagi anak ikan (burayak), air tawar, maupun ikan air payau.Terlebih lagi amat disukai burayak ikan cupang, ikan guppy, ikan molly serta burayak jenis ikan hias air tawar yg lainya, maupun ikan air tawar seperti benih ikan lele, gurame, nila & sebaginya.

Budidaya Kutu Air Dengan Kol yg Efektif

Budidaya Kutu Air Dengan Kol Sayuran yg Efektif


Berikut ini bakal dibahas mengenai membuatnya Kutu air yg efektif sekaligus tnpa aerator, yg mana cara membuatnya kutu air datang sendiri tanpa harus di undang. & yg lebih ekonomis lagi dalam budidaya ini sobat tanpa harus menyiapkan bibit kutu air itu. Banyak dan juga yg mencari kutu air di alam sekitar kita.

Yang lumayan banyak jadi pertanyaan para pecinta ikan hias ialah Kenapa kutu air dibutuhkan burayak ikan hias maupun burayak ikan air tawar konsumsi setelah kantung kuning (makanan bawaan) mulai habis?

Yg tak lain ialah Itu lantaran kutu air mempunyai kandungan protein yg lumayan tinggi, ya'ni 66 % & mempunyai kandungan lemaknya kurang lebih 6 %, & itu bakal amat bagus untuk menunjang pertumbuhan burayak.

Dan cara budidaya kutu air ialah pakan alami yg menarik perhatian burayak, yakni lantaran bisa bergerak melayang-layang, terlebih lagi kutu air itu mempunyai ukuran yg lumayan kecil, sehingga amat pas untuk jadi memakanan alami burayak untuk dimangsa.

Disamping itu, lumayan banyak yg sudah terbukti bakal keampuhan jenis pakan ini, yakni manfaat kutu air sebagai pakan alami ikan cupang lebih cepat untuk mematangkan telur sang induk.

Jika sobat mecoba untuk budidaya kutu air ini, usahakan cara mengerjakannya sebelum melakukan pemijahan ikan cupang / budidaya ikan hias lainnya. Yang tak lain lantaran ketika sang burayak itu menetas dari telurnya, sobat tinggal santai-santai. Itu tadi lantaran jenis memakanan / pakan ikan cupang sudah tersedia terlebih dahulu.

Para pembudidaya ikan hias dan juga mengatakan sama mengenai hal itu. Bahwa yg sebenarnya budidaya kutu air ini dilakukan sebelum melakukan pemijahan ikan cupang /pun pemijahan ikan hias lainya, lantaran ketika burayak menetas dari telurnya, pakan untuknya tlah tersedia.

Sebelum melakukan budidaya kutu air ada baiknya sobat bisa kenali dulu seperti apakah kutu air yg nantinya jadi memakanan untuk burayak ikan cupang.

Kutu air yg paling populer dikalangan pembudidaya ikan hias ada dua jenis. Yang pertama Moina & yg kedua Daphnia. Kedua jenis dari kutu air ini ialah masih termasuk juga dalam keluarga arthopoda, kelas crustacea & ordo caldocera serta keduanya adalah jenis udang renik.

Adapun perbedaan dari kedua jenis kutu air ini, diantara lain ciri cirinya ialah sebagai berikut:


Jenis kutu air - Dhapnina sp bisa ditandai dgn mempunyai warna putih transparan, sedangkan untuk Habitat Daphnia sp ialah lumayan banyak terdapat di perairan tawar seperi kolam, &au, & tempat-tempat tergenang air lainnya dgn suhu kira-kira 21 derajat celcius & Ph kisaran 6,5 – 9.

Sedangkan Moina sp bisa ditandai dgn mempunyai warna kemerahan serta  lumayan banyak terdapat pada perairan rawa yg dan juga lumayan banyak terkandung bahan organik yakni rawa-rawa yg berumput / semak-semak tanaman air & lumayan banyak kayu-kayu mati.

Nah pada kesempatan pada kali ini info dunia bakal mengulas budidaya kutu air yg jenis Daphnia sp.

Khusus buat sobat yg baru pertama kali ingin membudidayakan jenis kutu air ini tidak boleh khawatir soal perjalanan berikutnya.

Budidaya kutu air Daphnia sp bisa dilakukan dgn berbagai cara & media, seperti misalnya dgn kotoran ayam, ampas kelapa, ampas kedelai, susu, susu bubuk, sayuran & lain sebagainya. Dengan survey yg sudah berjalan melakukan budidaya kutu air ini, malah jarang sekali yg berhasil dgn maksimal. Menurut pengalaman yg ada yakni sobat bisa lakukan dgn cara budidaya kutu air yg amat efektif bisa memakai kol yg sudah tak terpakai lagi.

Dengan cara seperti ini, yakni sobat hanya bisa masukkan kol yg sudah tak terpakai tadi, maka hasilnya pun bakal mengalir sendiri kutu airnya yang menandakan bahwa sobat tlah berani berkreatif untuk tak bergantung sama uang. Karena dgn bermodalkan demikian itu, sobat sudah bisa mnghasilkan sendiri tanpa harus beli bibit kutu air dulu.

Yang jadi keren lagi, cara membuatnya / budidaya kutu air semacam ini bisa dikerjakan oleh siapa saja. Serta bahan-bahan yg disediakan pun semuanyanya serba gratis. Sangat cocok untuk dikerjakan bagi pecinta ikan hias untuk membuatnya pakan secara alami.
 
Nah berikut ialah langkah - langkahnya:

Budidaya Kutu Air


1. Langkah Pertama Menyiapkan Kol Untuk Budidaya Kutu Air 

karena di atas tadi sudah lumayan banyak disebutkan dgn pengalaman sang pembudidaya kutu air, sekarang sobat bisa lihat pada tutorial menyediakan membuatnya pakan sendiri. Yaitu lumayan menyediakan sayuran kol yg sudah tak terpakai lagi.

kadang ada pertanyaan muncul. Kenapa harus memakai sayuran kol yg sudah basi / tak terpakai? Tak lain lantaran sesuatu yg sudah jadi sampah, bakal cepat membusuk. Sobat tak perlu mendatangkan kutu air itu, lantaran kutu air tadi bakal berdatangan sendiri pada bau sedap yg ada.

Berbeda lagi apabila sobat memakai kol yg masih bagus, pasti bakal iambil ibu-ibu untuk di buat masak dijadikan sayuran. Hhee  tentunya kalau dgn jenis kol yg masih bagus kan haru berani membeli dulu pada took terdekat. Sedangkan kalau yg dari sampah pasar bisa ambil secara gratis.

2. Langkah Kedua Menyiapkan Wadah Untuk Budidaya Kutu Air 

Sobat harus menyediakan wadah kol & terdapat air.
Sobat hanya perlu menyediakan wadah yg agak lebar, untuk bisa menampung kol itu serta lumayan untuk menumbuhkan kutu air tadi. Tidak perlu yg tinggi-tinggi.

Wadah Untuk Budidaya Kutu Air

Budidaya Kutu Air - Usahakan sebelum sobat benar-benar membuatnya budidaya kutu air ini, harus bisa memperkirakan seberapa lumayan banyak kutu air itu dipakai. Cara mengetahuinya yakni dgn melihat ikan cupang sobat / jenis ikan hias lainnya. Jika dirasa mempunyai lumayan banyak, terpaksa sobat harus berani membuatnya yg lebaran serta lumayan untuk mengisi perut para burayak tadi.

Jangan sampai berlebihan lantaran bisa dan juga bakal mendatangkan penyakit pada sekitar sobat. Usahakan untuk membuatnya budidaya kutu air ini agak jauhan dgn lingkungan yg ada.

jika dirasa tak ada wadah untuk menampung / budidaya kutu air ini, cara yg paling efektif menurut pengalaman yg sudah ada yakni memakai bekas kulkas yg agak lumayan besaran dikit. Banyak tersedia di took rongsokan terdekat sobat, harganya pun amat terjangkau. Kalau ingin yg serba gratis, mungkin saja sobat punya wadah yg sudah tak terpakai lagi.

semua tergantung keminatan sobat dalam melangkah. Mau pake apa aja serab bisa tak ahrus mengikuti dgn pengalaman yg sudah ada apabila itu amat menyulitkan sobat semuanyanya. Lakukan yg termudah yg sobat mampu untuk mengerjakannya.

3. Langkah Ketiga Mengisi Air Untuk Budidaya Kutu Air

Sebelum air dimasukkan, usahakan endapkan dahulu air itu.
Masukan air yg sudah tua " air yg sudah diendapkan", pengisian air ini secukupnya saja, tidak boleh terlalu kebanyakan & dan juga tidak boleh terlalu sedikit, sedang-sedang saja lah.

4. Langkah Keempat Memasukan Kol 

Sebelum kol tadi dimasukkan kedalam wadah budidaya, alangkah baiknya apabila sobat mencuci terlebih dahulu aerta usahakan untuk memberi tutup pada wadah itu, agar tak jadi tempat sarang para nyamuk.

Jika dirasa sudah jauh dari lingkunagn, usahakan tidak boleh menutup tempat tadi, yg mana mempunyai fungsi supaya nyamuk tadi itu bertelur. Telur tadi bakal mejadi jentik nyamuk yg mana bisa bermanfaat untuk pakan ikan cupang yg sudah besar. Jadi semuanyanyanya bisa bermanfaat untuk kita.

5. Langkah Kelima Dalam Budidaya Kutu Air 

Jika semuanya dirasa sudah beres, yg harus sobat lakukan ialah tinggal santai.
Biarkan semuanyanya berjalan selama kurang lebih satu minggu, biasanya dalam masa pembusukan kol, air bakal berubah jadi hitam....lama kelamaan air bakal jernih kembali lantaran sudah mengendap, & tunggu.....anda bakal melihat beribu-ribu bahkan berjuta-juta kutu air.

Jika pengen hasil yg mengejutkan, usahakan untuk tak sering dilihat. Cukup ditunggu selama kurang lebih seminggu.

6. Langkah Keenam Pemanenan Kutu air

Setelah itu, sobat bisa sediakan alat untuk mengambil kutu air itu. Sobat bisa memakai wadah saringan yg halus. Ambil dgn saringan halus khusus kutu air, & lakukan budidaya secara kontinu sinkron kebuthan sobat agar burayak selalu kenyang & cepat besar.

Yang kerap kita temukan, kadang-kadang ada yg menyarankan untuk budidaya kutu air dgn susu, ada lagi budidaya kutu air dgn infusoria.

Tak heran apabila lumayan banyak yg mencari solusi untuk cara buat kutu air sendiri, namun kadang dan juga tak tau cara membasmi kutu air itu sendiri. Terutama pada kutu air ikan guppy yg sering lupa berapa ukuran kutu air itu.

Baca juga : 3 Umpan Ikan Bawal Paling Jos & Alami


Sekian artikel kali ini mengenai "budidaya kutu air" semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke teman anda, terima kasih.

0 Response to Budidaya Kutu Air Dengan Kol yg Efektif

Post a Comment