Tahukah anda? Ini Dia Mitos-mitos Tentang Pocong di Indonesia

Masyarakat Indonesia pasti sudah tahu tentang eksistensi dari hantu yang berwujud pocong ini, sebagian kalangan mempercayai bahwa pocong itu adalah perwujudan dari orang yang telah meninggal. Akan tetapi, yang menjadi pertanyaan, mengapa hantu pocong banyak bermunculan hanya di wilayah Indonesia, dan sebagian negara yang beragama Muslim?

Mitos-mitos Tentang Pocong di Indonesia


Mitos-mitos Tentang Pocong di Indonesia

Tali Pocong 
Sebenarnya pocong adalah cara seorang muslim untuk dikebumikan yaitu dibungkus dengan kain kafan & kemudian diikatkan di bagian ujung badannya dengan tali. Menurut kepercayaan masyarakat, pada saat dikebumikan, tali pocong itu harus dibuka agar tak gentayangan. Apabila lupa dilepas talinya, maka masyarakat percaya bahwa arwah yg meninggal itu bakal gentayangan jadi hantu pocong & meminta pada orang yg ditemuinya untuk melepaskan tali pocongnya.

Dukun
Sebagian masyarakat Indonesia percaya bahwa hantu pocong yg bergentayangan itu adalah ulah dari seorang dukun untuk menakut-nakuti orang yg dituju. Bahkan menurut masyarakat, hantu pocong yg berjenis seperti ini bisa membunuh orang yg jadi korbannya, selain itu hantu pocong dan juga bisa dipakai/digunakan sebagai alat untuk meningkatkan kekuatan ilmu hitam dari pelakunya.

Perkosaan
Salah satu hal yg tabu, namun lumayan banyak dilakukan masyarakat yaitu ketika ada warga yg dibunuh dengan cara tak wajar, / diperkosa kemudian dibunuh. Biasanya si mayat yg dikebumikan tersebut, tali pocongnya tak dilepas. Hal itu dilakukan agar si arwah itu mengejar / menakut-nakuti si pelaku pembunuhan terhadap si korban. Akan tetapi, anggota keluarga yg melakukan hal itu harus menerima konsekuensinya. Menurut para pakar spiritual, apabila orang awam & tak mengerti mengenai dunia gaib, maka dilarang untuk mencoba hal tersebut.

Jin Kafir
Menurut para ulama, hantu pocong yg sering menakut-nakuti warga adalah perbuatan dari jin kafir yg ingin menggoda keimanan manusia. Jin itu bisa menyerupai apa sajakah yg inginkan bahkan berwujud jadi hantu pocong, cara mengetahui jin yg berwujud pocong yaitu kemunculannya berada di atas pohon, menampakkan hanya setengah badan pocong & sorot matanya berwarna merah / biru.

Melayang
Biasanya apabila di layar lebar, hantu pocong digambarkan cara bergentayangannya dengan cara melompat; padahal dalam kenyataannya tak seperti itu. Pocong menghantui warga dengan tak melompat, tetapi melayang / terbang Menurut mitos, cara untuk menghindari dari kejaran hantu pocong yaitu dengan menempelkan badan ke tanah / tiarap; bahkan bisa dengan lari dengan berkelok-kelok.

0 Response to Tahukah anda? Ini Dia Mitos-mitos Tentang Pocong di Indonesia

Post a Comment