Cara Merawat Ikan Cupan/Cupang Agar Cepat Besar

Hallo sobat setia info dunia, kali ini admin akan membahas mengenai cara merawat ikan cupang agar cepat besar, baik itu ikan cupang jenis serit, aduan/bangkok maupun jenis cupang hias, bagi sobat yang belum tau akan jenis jenis ikan cupang, bisa menuju ke artikel berikut Jenis Ikan Cupang Hias, Aduan dan Termahal. Siapa sih yg tak kenal dgn ikan cupang, ikan ini sangat digemari oleh masyarakat indonesia, baik itu dewasa, remaja maupun anak anak sangat suka memelihara ikan cupang karena keindahan dan keunikan ikan ini menjadikan daya tarik tersendiri bagi peminat ikan cupang.

Banyak sekali yg sudah membudidayakan ikan ini, baik itu untuk dipelihara sendiri maupun dijadikan sebagai bisnis ikan hias. Mungkin lantaran sekarang ini penggemar cupang semakin banyak, serta mudahnya dalam mencari pakan untuk perawatan ikan cupang agar cepat besar serta ganas/kuat dalam bertarung. 

Bagi sobat yg pemula yg ingin mengetahui makanan ikan cupang agar cepat besar, cocok sekali dgn artikel pada kali ini. Admin bakal memberikan tips beberapa contoh makanan yg terbaik bagi pertumbuhan ikan cupang dari mulai burayak sampai yg sudah dewasa. berikut beberapa makanan/cara merawat ikan cupang agar cepat besar:

Cara Merawat Ikan Cupang Hias, Serit & Aduan Agar Cepat Besar 


Usahakan untuk memberi pakan yg sinkron/besarnya sesuai dgn ukuran mulut cupang, hal ini lantaran bisa membahayakan pertumbuhan ikan cupang, berikut ini makanan yang cocok agar ikan cupang cepat tumbuh besar.
  

1. Jentik Nyamuk

    
Cara merawat ikan yg baik harus memberi pakan yg baik pula, yakni jenis pakan yg terdapat lumayan banyak protein & nutrisi, salah satunya ialah jentik nyamuk ini, agar pertumbuhan cupang cepat besar sekaligus terjaga kesehatannya.

Untuk mendapatkan jentik nyamuk ini, sobat tak harus susah-susah mencarinya. Biasanya di genangan air seperti selokan, bak mandi, sawah, parit & lainnya. Usahakan cuci dulu sampai bersih.

Cara pemberian jentik nyamuk sebagai pakan burayak maupun cupang harus menyesuaikan. Pilih yg masih larva untuk burayak / anakan cupang. Ciri-ciri larva biasanya ketika dipermukaan air berbadan kebalik & tidak boleh sampai memberi kepompong nyamuk, yg bakal menyebabkan perut ikan cupang sakit.

2. Kutu Air


Makanan ikan agar cepat besar yg kedua ialah kutu air. Cara memberikan pakan ketika burayak umur 3 hari, yg mana kutu air ini bakal bergerak-gerak di permukaan air. Walaupun kandungan lemaknya sedikit, kutu air amat baik dan juga jenis pakan untuk cupang.

Khasiat & manfaat kutu air untuk ikan cupang ini berguna untuk memperkuat tulang & cara alami menambah warna cupang, ini bagus untuk ikan cupang hias maupun ikan cupang aduan, agar warna ikan cupang hias anda semakin menarik dan untuk ikan cupang aduan akan semakin kuat dan ganas. Kuti air adalah salah satu makanan favorit jenis cupang dewasa.

Mudah sekali untuk mendapatkan kutu air ini, seperti ulasan diatas tadi bisa disungai, genangan air, / parit. Namun apabila sobat kesusahan untuk mencari kutu air, sobat bisa membudidayakan kutu air ini dengan mudah, sobat bisa baca artikel saya sebelumnya mengenai Budidaya Kutu Air Dengan Kol yg Efektif.

3. Cacing Sutra


Cacing sutra adalah jenis pakan cupang yg cocok dan juga untuk menambah pertumbuhan ikan. Cara memperolehnya lumayan mudah, biasanya ditepi sungai / parit & selokan bakal ada warna merah lembut, nah itu adalah cacing sutra.

Cara alternatif mendapatkan cacing sutra untuk pakan cupang, sobat bisa membelinya ditoko terdekat kota sobat. Harga cacing sutra dan juga amat murah untuk dibawa pulang. Manfaat cacing sutra untuk ikan cupang bakal mempercepat pertumbuhan serta menambah gizi & protein cupang.

Yang perlu dijaga ialah masalah kebersihannya, biasanya cacing sutra bakal membawa lumpur bekas ia tinggal, maka cucilah sampai bersih agar cupang keadaan sehat serta memberi efek yg baik untuk air aquarium.

4. Microworms


Microworms adalah salah satu jenis makanan ikan cupang agar cepat besar. Walaupun bentuknya amat kecil, dgn mempunyai gerakan yg lincah yg bisa menark perhatian cupang, namun kaya bakal kandungan nilai gizi & zat protein yg ada dalamnya.  

Cara memperoleh Microworms untuk pakan cupang amat mudah, ditoko terdekat sobat sudah lumayan banyak yg menyediakan. Untuk mempermudah, budidaya aja Microwormsnya. dgn cara masukkan saja kedalam toples & kasih memakan berupa roti tawar.

5.  Kuning Telur

  
Kuning telur hanya dijadikan pakan ikan cupang secara alternatif saja. Pasalnya apabila kebanyakan memberikan, air aquarium bakal cepat keruh & kotor. Cara pemberian kuning telur untuk memakan ikan cupang mudah sekali, berikan telur ni pada cupaang dalam keadaan matang, idealnya kukusan. 

Nah, itulah artikel mengenai Cara Merawat Ikan Cupan/Cupang Agar Cepat Besar semoga artikel ini dapat menambah wawasan sobat dan bermanfaat bagi kita semua, silahkan share/bagikan artikel ini ke teman anda yang juga memelihara ikan cupang, jangan pelit untuk berbagi, hehe, sekian artikel kali ini, terima kasih.

0 Response to Cara Merawat Ikan Cupan/Cupang Agar Cepat Besar

Post a Comment